APSI1 - Analisa Sistem Informasi

TUGAS 1 - Analisa dan Perancangan Sistem Informasi
Menganalisa Sistem Informasi pada e-commerce JD.ID
Nama : Bastian Farandy
NRP : 05111740000190
Kelas : APSI C

Apakah Sistem Informasi itu?

Sistem Informasi merupakan suatu sistem di dalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan dalam pengelolaan transaksi, menjalankan operasi, dan kegiatan strategi lainnya yang bersifat manajerial serta mampu menyediakan informasi bagi pihak luar untuk laporan tertentu. Sistem Informasi sendiri memiliki beberapa fungsi, seperti:

  • Memperbaiki produktivitas aplikasi pengembangan serta dalam pemeliharaan sebuah sistem
  • Menjamin kualitas serta keterampilan dalam penggunaan Sistem Informasi
  • Mengidentifikasi kebutuhan apa saja yang dapat mendukung sistem informasi
  • Mengantisipasi serta memahami akan adanya konsekuensi secara ekonomi
  • Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi
  • Mengembangkan proses perencanaan yang efektif

Bagan Sistem Informasi

Untuk memudahkan perancangan dalam Sistem Informasi, maka terdapat bangan Sistem Informasi seperti berikut:



Transaction Processing Systems

Merupakan sebuah sistem pemrosesan informasi untuk bisnis transaksi yang melibatkan pengambilan, perubahan dan pengembalian dari seluruh transaksi data. Ciri khas dari sebuah TPS ialah performa, keandalan serta konsistensi. Transaction Processing System juga dikenal sebagai pemrosesan transaksi secara real-time.

Management Information Systems

Merupakan sebuah istilah yang digunakan secara luas untuk sistem tiga sumber daya yang umumnya diperlukan untuk mencapai manajemen organisasi yang efektif. Sumber daya itu ialah orang, informasi dan teknologi, dari dalam maupun luar organisasi, dengan mengutamakan orang. Sistem ini merupakan koleksi dari metode manajemen informasi yang melibatkan otomasi komputer (baik secara software maupun hardware) atau mendukung serta mengembangkan kualitas dan efisiensi  dalam menjalankan bisnis dan pengambilan keputusan.

Decision Support Systems

Merupakan aplikasi berbasis komputer yang mengambil, mengatur serta menganalisa data bisnis untuk memfasilitasi pengambilan keputusan binis yang berkualitas dalam manajemen, operasi dan perencaan. Perancangan yang baik dalam Decision Support Systems dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi, menyelesaikan masalah, dan mengambil keputusan yang tepat.

Executive Information Systems

Executive Information System merupakan sistem DSS (Decision Support Systems) yang digunakan untuk membantu para eksekutif dalam mengambil keputusan yang tepat. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan kemudahan akses terhadap data-data yang diperlukan untuk mencapai langkah yang strategis di sebuah organisasi. EIS umumnya memiliki fitur berupa tampilan yang menarik serta UI yang mudah untuk digunakan.

Apakah JD.ID?


JD.ID adalah perusahaan mal daring (e-commerce) yang beroperasi di Jakarta, Indonesia. JD.ID dibentuk sebagai kerja sama antara JD.com dan sebuah partner Indonesia. JD.com adalah salah satu toko B2C daring terbesar di China secara jumlah transaksi. JD.com adalah “rival terbesar Alibaba, sang pemimpin pasar China.Di Indonesia, JD.ID bekerja sama dengan Provident Capital.
JD.ID mulai beroperasi di Indonesia sejak Oktober 2015. Pada awalnya, mereka fokus terhadap menyediakan pelanggan dengan produk elektronik dan gadgets yang sulit ditemukan, seperti iPad Pro dari Apple dan A2010 dari Lenovo yang baru launching pada akhir tahun 2015. Sejak itu mereka telah memperluaskan penawaran produk mereka dan memasukkan kategori seperti sepatu dan pakaian olah raga dan juga produk kecantikan dan kesehatan.
Alamat situs JD.ID yang menggunakan country-code top-level domain Indonesia (.id) dipilih untuk melambangkan komitmen mereka untuk memberikan layanan yang lebih cepat dan aman. Menurut laporan, nama domain tersebut memerlukan dana Rp. 500,000,000 (~US$ 38,000) untuk didapatkan.

Fitur-fitur pada JD.ID

  • Direct Retail Melalui situs www.jd.id
  • JD.ID X yang memanfaatkan fitur AI(Artificial Intelligence) sebagai Pusat Pengalaman Berbelanja Berbasis AI
  • JD.ID Preloved merupakan penjualan barang yang dikembalikan oleh pelanggan dengan harga khusus
  • Phone Order JD.ID merupakan layanan pemesanan via telepon
  • Enterprise Services,Jasa Perusahaan maupun individu yang ingin membeli produk dalam jumlah banyak
  • Kemudahan dalam mengakses, JD.ID dapat dengan mudah diakses melalui browser (jd.id) maupun pada aplikasi android/IOS.
  • Fitur Pembayaran, JD.ID juga sudah menyediakan fitur pembayaran secara lengkap, sehingga kita dapat memilih metode pembayaran sesuai dengan kita.
  • Customer Service, JD.ID memiliki fitur Customer Service yang lengkap (pembayaran, lacak pesanan, pembatalan pesanan,dll)

Analisa Sistem Informasi JD.ID

  • Transaction Processing Systems
TPS dalam JD.ID dapat berupa proses pembelian barang, baik dalam memilih barang, menanyakan kepada penjual, proses pembayaran, serta pelacakan pesanan.


  • Management Information Systems
JD.ID mengimplementasikan MIS dalam banyak hal, seperti customer review pada aplikasi JD.ID, review pembeli dalam berbagai produk, sistem pelacak pesanan yang terintegrasi, dan sebagainya.

  • Decision Support Systems
Decision Support Systems di implementasikan terutama ketika kita membuka aplikasi / website JD.ID, yaitu adanya fitur rekomendasi barang yang dapat menentukan pilihan kita dalam membeli barang.

  • Executive Information Systems
Induk perusahaan JD.ID, yaitu JD.com menyediakan berbagai informasi yang mendukung JD.ID sebagai anak perusahaannya dalam menggerakkan usahanya.

Sumber:
https://www.techopedia.com/definition/707/transaction-process-system-tps
https://www.techopedia.com/definition/8240/management-information-system-mis
https://www.techopedia.com/definition/770/decision-support-system-dss
https://www.techopedia.com/definition/1016/executive-information-system-eis
https://id.wikipedia.org/wiki/JD.ID

http://fajarbaskoro.blogspot.com/2016/09/apsi-1-sistem-informasi.html

Comments

Popular posts from this blog

PWEB5 - Membuat Form Pembayaran Air

EAS - PWEB - Membuat Sistem PPDB Online

MPPLC - FP