Resume Kuliah Tamu - Fit for the Future

Fit for the Future: A Sharing of Experience

Pembicara: Ahmadsyah Alghozi Nugroho

International Oil Company, Netherlands

Oleh: Bastian Farandy - 05111740000190 - MPPL C

Pak Ahmad merupakan seorang engineer dibidang IT yang memiliki banyak pengalaman kerja terutama yang berlokasi di luar negeri. Ketertarikan beliau terhadap komputer sudah dimulai semenjak memasuki pendidikan SMP. Pada waktu itu, beliau dibelikan komputer oleh kedua orang tuanya. Komputer itu beliau gunakan untuk bermain game. hal tersebut terus berlanjut sampai masa SMA. Pada masa SMA, komputer beliau sudah kurang mampu untuk menjalankan game yang terkenal di jaman tersebut, namun beliau tidak diperbolehkan untuk membeli komputer yang baru oleh kedua orang tuanya. Orang tuanya hanya memperbolehkan untuk membeli komputer baru jika beliau masuk kuliah jurusan komputer. Hal itulah yang memotivasinya untuk mendalami dunia komputer lebih jauh.

Pak Ahmad kemudian melanjutkan studinya ke jurusan Teknik Informatika di ITS. Setelah lulus, beliau melanjutkan studi Manajemen di UI serta memulai karir pertamanya menjadi Database Administrator di perusahaan VICO selama 4 tahun. Pak Ahmad kemudian bekerja di perusahaan Landmark menjadi IT Consultant selama beberapa tahun. Setelah dari Landmark, pak Ahmad bekerja lagi di perusahaan Shell di Belanda, menjadi Data Architect sampai sekarang.

Nilai yang dapat diambil dari pak Ahmad ialah untuk mencapai suatu tujuan kita harus tetap percaya dan berusaha sesuai tujuan awal kita. Selain itu, janganlah terpaku untuk memilih apakah kita merupakan seorang yang generalist atau specialist, sesuaikan dengan kebutuhan industri saat itu. Skill - skill lain yang dibutuhkan selain IT dan bisnis adalah domain dan communication skill. Communication skill terutama Public Speaking sangat diperlukan ketika kerja nanti karna dapat menjalin hubungan yang baik dengan sesama rekan kerja. Leadership skill juga tidak kalah penting, terutama menjadi pemimpin dari diri sendiri, jangan menjadi orang lain. Leadership yang baik juga penting agar dapat membangun kepercayaan dan hubungan baik antar rekan kerja.

Beliau juga menyampaikan bahwa kedepannya, skill dalam IT akan sangat dibutuhkan karna diperkirakan Transformasi Digital akan dimulai tahun 2020 seperti internet yang jauh lebih cepat (Seluler 5G dan Wi-Fi yang jauh lebih cepat), Bidang Analyst yang semakin kompetitif, Artificial Intelligence dan Machine Learning yang semakin berkembang, Blockchain, Autonomous Driving dan Smart Cities juga semakin berkembang.

Comments

Popular posts from this blog

PWEB5 - Membuat Form Pembayaran Air

EAS - PWEB - Membuat Sistem PPDB Online

MPPLC - FP