MPPL4 - Project Charter

TUGAS 4 - MPPL
Project Charter
Nama : Bastian Farandy
NRP   : 05111740000190
Kelas  : MPPL C

Nama : Samuel Marcellinus
NRP   : 05111740000134
Kelas  : MPPL C

Nama : Raja Permata Boy
NRP   : 05111740000070
Kelas  : MPPL C

Project Description and Goal

Kemajuan teknologi yang terus berkembang dengan pesat hingga saat ini membuat para perusahaan yang menyediakan berbagai macam program untuk membantu mengemmbangkan produk berbasis Internet of Things. Internet of Things (IoT) merupakan sebuah istilah yang belakangan ini mulai ramai ditemui namun masih sedikit yang mengerti arti dari istilah ini. Secara umum Internet of Things dapat diartikan sebagai benda-benda di sekitar kita yang dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui jaringan internet.

Melalui internet, kita bisa mencari uang hanya dengan duduk di depan komputer atau laptop. Internet menyediakan tempat tak terbatas bagi para perusahaan untuk membuka bisnisnya tanpa memiliki sebuah kantor. Nantinya internet akan menjadi penghubung utama dalam interaksi sedangkan manusia hanya sebagai pengatur dan pengawas perangkat ini.

Internet of Things memiliki konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat yang tersambung dalam koneksi internet secara terus menerus. Sebagai contoh benda elektronik, bahan pangan dan termasuk benda hidup dan masih banyak lagi. Benda tersebut dapat ditanamkan sensor yang dibuat selalu aktif dan terhubung secara luas, baik dengan jaringan lokal maupun dengan jaringan global.

Dalam industri, peralatan-peralatan dapat dirancang untuk memberikan informasi mengenai kondisinya. Misalnya ada peralatan yang membutuhkan bahan bakar, dan peralatan tersebut memancarkan informasi status bahakn bakarnya secara periodik ke suatu peralatan lain melalui jaringan internet. Dengan adanya sistem ini, maka kita dengan mudah memantau peralatan-peralatan yang digunakan dalam kantor kita. Memudahkan pemantauan akan mengindarkan kita dari situasi suatu mesin tidak berfungsi karena terlambat melakukan pemeliharaan. Dalam aplikasi dalam rumah tangga, saat kita belok ke halaman depan rumah kita, garasi langsung membuka. Pada saat garasi membuka, lampu ruangan dan AC akan langsung menyala.

Oleh karena itu, Golden Autotech akan memudahkan orang untuk menemukan produk-produk IoT. Salah satu produk IoT yang akan disediakan oleh Golden Autotech adalah lampu pintar. Lampu pintar ini dirancang menggunakan arduino dan akan menyala sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh penggunanya. Lampu ini sangat cocok untuk orang yang bekerja hingga larut malam sehingga mereka dapat meninggalkan rumah dengan kondisi lampu menyala sendiri mulai dari sore hari.

Risk

Beberapa resiko telah dipikirkan pada pembuatan website Golden Autotech, seperti berikut :
  • Terdapat bug pada website.
  • Tidak bisa melakukan tracking produk.
  • Produk yang ditawarkan tidak dapat berjalan semestinya.

Deliverables

Sebuah website dimana orang-orang bisa menikmati produk IoT, SCADA, dan ICT. 

Internet of Things (IoT) 

Internet of Things adalah suatu konsep dimana konektifitas internet dapat bertukar informasi satu sama lainnya dengan benda-benda yang ada disekelilingnya. Banyak yang memprediksi bahwa Internet of Things (IoT) merupakan “the next big thing” di dunia teknologi informasi. Hal ini dikarenakan banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan dengan teknologi Internet of Things (IoT) tersebut.
Bagi Anda yang belum mengerti lebih jauh, Teknologi Internet of Things (IoT) diibaratkan dimana alat-alat fisik bisa terkoneksi dengan internet. Misalnya, Kulkas, TV, Mesin Cuci dan lainnya dapat di kontrol menggunakan smartphone untuk mematikan, menghidupkan dan kegiatan lainnya.
Bisa Anda bayangkan, dengan Internet of Things (IoT) akan lebih mempermudah kegiatan manusia dalam melakukan berbagai aktifitas sehari-hari. Semua kegiatan dapat dilakukan dengan sangat praktis dan disatu sisi adanya sistem kontrol karena perangkat yang terhubung menyebabkan kehidupan akan lebih efektif dan efisien. Lampu pintar merupakan salah satu produk IoT yang akan ditawarkan oleh Golden Autotech.

SCADA (Supervisory Control and Data Acquition)

SCADA atau Supervisory Control and Data Acquition adalah sebuah sistem yang dirancang untuk sebuah pengendalian dan pengambilan data dalam pengawasan (Operator/Manusia). biasanya SCADA digunakan untuk pengendalian suatu proses pada industri. SCADA merupakan sistem yang terdiri dari banyak komponen penyusunnya.

ICT (Information and Communication Technologies)

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berasal dari bahasa Inggris yaitu Information and Communication Technologies (ICT) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. ICT mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah ICT muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20.

Scope Definition

Batasan dari proyek ini adalah :
  • Tidak Mengurus mengenai pembukuan dari Perusahaan.
  • Fitur hanya dibuatkan sesuai dengan perjanjian awal.
  • Aplikasi hanya boleh digunakaan oleh bagian yang telah disepakati
Kebutuhan fungsional yang harus ada dalam sistem yang akan dibuat adalah sebagai berikut :
  • Sistem dapat diakses oleh admin perusahaan maupun klien yang ingin membeli produk.
Kebutuhan non-fungsional yang harus ada dalam sistem yang akan dibuat :
  • Jika memungkinkan, bisa pesan melalui website tanpa harus menghubungi contact yang ada di web Golden Autotech. 

Project Milestones

Dimulainya proyek : 10 Agustus 2019
Penyelesaian Analisa : 15 Agustus 2019
Desain Solusi : 19 Agustus 2019
Pengerjaan Software : 29 Agustus 2019
Testing : 3 September 2019
Instalasi dan Tutorial : 7 September 2019
Proyek Berakhir : 10 September 2019

Budget Summary


Survei dan Analisa

Estimasi Biaya - Rp. 1.000.000,-
Biaya dalam Survei dan Analisa digunakan untuk mensurvei lokasi - lakasi strategis dan menganalisa apa saja kebutuhan masyarakat yang dapat diimplementasikan dalam bentuk produk. (Biaya digunakan untuk transportasi survei.

Desain dan Implementasi Sistem

Estimasi Biaya - Rp. 8.000.000,-
Biaya dalam Desain dan Implentasi Sistem digunakan untuk membayar Front-End dan Back-End developer serta digunakan untuk menyewa domain.


Total Biaya

Total biaya yang dikeluarkan dalam proyek ini sebesar Rp. 9.000.000,-

Assumptions, Constraints & Dependencies

Asumsi Proyek ini adalah sebagai berikut:
  1. Biaya untuk proyek ini sudah tersedia dan sudah di anggarkan pada saat proyek dimulai.
  2. Anggaran dari Desain dan Implementasi Sistem diambil dari estimasi biaya dalam mendukung website seperti pembelian domain, penyewaan server dan lainnya.
  3. Anggaran untuk Survei dan Analisa diambil dari estimasi biaya yang dibutuhkan untuk keperluan survei dan menganalisa target market produk.


Batasan dalam sistem ini adalah:
1. Transaksi belum dapat dilakukan pada website karna tidak disediakan akun untuk user yang digunakan untuk memilih produk. Transaksi dilakukan dengan menghubungi langsung kepada pihak gautotech.

Project Organizational Structure

Project Leader -  Adhi Oktavian

Bertugas untuk :
  • Menjadwalkan pelaksanaan proyek
  • Memantau dan mengevaluasi kinerja dalam pengerjaan proyek
  • Membuat Dokumentasi proyek

Back End-Programmer - Ade 

Bertugas untuk:
  • Membuat dan merancang database sistem

Front End-Programmer - Arya Kusuma

Bertugas untuk:
  • Merancang dan mengimplementasikan tampilan antarmuka sistem
  • Membuat desain user interface

Project Authorization

Proyek ini sudah disahkan oleh :
Naftali Widjaja sebagai Project Manager pada 7 Agustus 2019.
Natasha Talya sebagai Project Sponsor pada 7 Agustus 2019.

Comments

Popular posts from this blog

PWEB5 - Membuat Form Pembayaran Air

EAS - PWEB - Membuat Sistem PPDB Online

MPPLC - FP